Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu

Authors

  • Rita Maria Cusnindah Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu sebagai kelas eksperimen menggunakan model CIRC berjumlah 25 siswa dan siswa kelas IV SDN 091254 Batu Onom sebagai kelas kontrol berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kels IV SDN 097319 dan kelas IV SDN 091254 Batu Onom menunjukan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran subtema 3 ayo cintai lingkungan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,3 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2-tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).

Downloads

Published

2022-11-16

How to Cite

Sirait, R. M. C. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan Kelas IV SDN 097319 Siopat Suhu . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4172–4182. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8916

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>