Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar

Authors

  • Martogi Rohana Marbun Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Lumbantobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esti Marlina Sirait [email protected]

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8777

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang terjalin baik dengan keberadaan pribadi dan masyarakat.  Dalam rangka meningkatkan motivasi dan tumbuhnya aktivitas belajar siswa, fungsi guru sebagai motivator sangatlah penting. Agar proses belajar mengajar menjadi dinamis, guru harus mampu memotivasi siswa, menekankan kekuatan mereka, membuka potensi mereka, dan menginspirasi aktivitas dan inovasi. Di kelas IV SD Negeri 1243845 Pematangsiantar, tujuan utama pembelajaran adalah untuk mengetahui apakah tingkat motivasi guru berpengaruh terhadap tingkat hasil belajar siswa. Sebuah teknik kuantitatif diadopsi untuk proses penelitian. Desain penelitian ini menggunakan strategi korelasional. Metode untuk memperoleh data adalah observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Uji kesukaran, daya pembeda, homogenitas, normalitas data, dan hipotesis merupakan teknik analisis yang digunakan. Informasi yang dikumpulkan oleh Sig (nilai 2-tailed lebih besar dari 0,05). Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa motivasi instruktur dan hasil belajar siswa berhubungan dalam 98,9% kasus, dengan koefisien korelasi 0,989.

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Marbun, M. R. ., Lumbantobing, M. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Motivasi Guru terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SD Negeri 124385 Jl. Sawi Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3497–3505. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8777