Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar

Authors

  • Devi Asriana Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Juni Agus Simaremare Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema I sumber energi kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar, masih kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran serta pada proses pembelajaran siswa belum sepenuhnya terlibat secara langsung. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen. Dalam penelitian ini uji validitas dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25 for windows, sedangkan uji reliabilitas data dengan teknik alfa cronbach. Hasil analisis deskriptif menunjukkan hasil dari pretest dan posttest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan pada nilai rata-rata hasil belajar pretest kelas eksperimen ialah 45,87 dan posttest kelas eksperimen yaitu 86,96, sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol ialah 38,70 dan posttest kontrol ialah 78,70. Perbedaan rata-rata pretest adalah sebesar 7,17, sedangkan perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol ialah sebesar 8,26 yang berarti hipotesis kerja (H1) dalam penelitian ini diterima dan sedangkan hipotesis nihil (H0) ditolak. hasil uji signifikansi pengaruh perlakuan menggunakan analisis Independent Sample t-test menunjukkan harga sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 sumber energi kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar.  Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema I sumber energi kelas IV di UPTD SD Negeri 124386 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

Sijabat, D. A. ., Simaremare, J. A. ., & Sirait, E. M. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV UPTD SD Negeri 124386 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5768–5779. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9205

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>