Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Swasta di Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8757Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 “Ciri-ciri Makhluk Hidup” Di Kelas III SD Swasta HKI-3 T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Swasta HKI-3 & SD Swasta HKBP Tomuan T.A 2022/2023 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Nonprability Sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Pretest dan Posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa: Adanya pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa di SD Swasta HKI-3. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 ? 0,05, Dimana Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick.Downloads
Published
2022-11-13
How to Cite
Sipahutar, L. ., Pasaribu, E. ., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Swasta di Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3409–3418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8757
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lovianna Sipahutar, Eva Pasaribu, Mastiur Verawaty Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).