Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8407Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui minat belajar siswa, (2) Mengetahui prestasi belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini menerapkan pembelajaran Tematik pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman, yang upaya peningkatannya dilakukan dengan memberikan minat belajar kepada siswa tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 091522 Marubun Jaya, pada bulan Agustus 2022. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel dalam penelitian adalah peserta didik kelas IV-B sebanyak 30 siswa. Ini merupakan sebagian populasi yang berjumlah 60 orang siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah minat belajar (X) dan prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data angket minat belajar dengan jumlah sampel 30 orang kemudian di dapat jumlah skor 2.274, dengan rata-rata skor 75,8 dan skor tertinggi yang di dapat 79 dan skor terendah 72. Untuk data prestasi belajar pada subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman dengan jumlah sampel 30 orang didapat nilai 2.390, dengan rata-rata 79,66 dan nilai tertinggi yang di dapatkan nilai 90 dan terendah nilai 70. Dari hasil uji hipotesis uji t didapat thitung = 2,451 dan ttabel 1,701 dengan nilai signifikan 0,021 < 0,05, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar siswa dengan pretasi belajar siswa.Downloads
Published
2022-11-06
How to Cite
Butarbutar, S. R. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1480–1491. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8407
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Rezeki Butarbutar, Lisbet Novianti Sihombing, Eva Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).