Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan Kelas V SD Negeri 091607 Sinaksak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14253Abstract
Pemilihan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar siswa, selama ini pendidik sering menggunakan metode ceramah karena metode ini dianggap pendidik merupakan metode yang efisien dalam penyampaian materi kepada peserta didik berupa informasi kemudian peserta didik mendengarkan dan mencatat apa yang dijelaskan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Populasi penelitian ini yang berjumlah 138 siswa, maka sampel pada penelitian ini kelas V yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan hasil hasil analisis uji data yang dilakukan. Uji hipotesis dari hasil tes peserta didik diperoleh Thitung Sebesar 28,135 dan Ttabel Sebesar 1,677, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima yang menandakan bahwa terdapat pengaruh pada peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model problem based learning dibibandingkan dengan pembelajaran biasa. Terdapat perubahan pada pembelajaran siswa dengan menggunakan model problem based learning siswa menjadi berpikir kritis dan aktif dalam memecahkan masalah dengan teman satu kelompok, dibandingkan tidak menggunakan model problem based learning siswa pembelajaran cenderung monoton dan kurang memperhatikan guru. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model problem based learning terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 091607 Sinaksak.Downloads
Published
2023-04-19
How to Cite
Simanungkalit, T. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih Bagi Pernafasan Kelas V SD Negeri 091607 Sinaksak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4843–4848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14253
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Tiopan Simanungkalit, Lisbet Novianti Sihombing, Eva Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).