Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8671Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara “purposive sampling yaitu Pengambilan sampel dipilih berdasarkan pertimbangan Peneliti ,sebanyak dua kelas yaitu: 36 siswa dari kelas XI PMIA 6 Sebagai kelas control dan 36 siswa dari kelas XI PMIA 5 sebagai kelas eksperimen . Penelitian ini dilaksanakan mulai Juli 2022 sampai Agustus 2022. Aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode praktikum pada materi sel lebih baik dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan secara konvensional yaitu: Kelas XI PMIA 5 yang dibelajarkan dengan menggunakan metode praktikum dengan skor perolehan nilai aktivitas 81,25% dengan kategori sangat baik, sedangkan Aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas XI PMIA 6 dengan skor perolehan nilai aktivitas 71,32%. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 81,72 dengan standar deviasi 8,34 kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 61,77 dengan standar deviasi 14,389. Kemudian dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t diketahui bahwa Thitung (6,60) > Ttabel (1,68) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Sitio, S. ., Silalahi, M. V. ., & Silaen, S. . (2022). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2965–2976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8671
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sinarma Sitio, Mastiur Verawaty Silalahi, Srinatalia Silaen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).