Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematang Siantar

Authors

  • Sinarma Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematang siantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematang siantar
  • Srinatalia Silaen Universitas HKBP Nommensen Pematang siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8671

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui Pengaruh Metode praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematangsiantar.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan cara “purposive sampling yaitu Pengambilan sampel dipilih berdasarkan pertimbangan Peneliti ,sebanyak dua kelas yaitu: 36 siswa dari kelas XI PMIA 6 Sebagai kelas control dan 36 siswa dari kelas XI PMIA 5 sebagai kelas eksperimen . Penelitian ini dilaksanakan mulai Juli 2022 sampai Agustus 2022. Aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan metode praktikum pada materi sel  lebih  baik  dengan hasil  belajar  siswa  yang dibelajarkan  secara konvensional yaitu:  Kelas XI PMIA 5 yang dibelajarkan dengan menggunakan metode praktikum dengan skor perolehan nilai aktivitas  81,25% dengan kategori sangat baik, sedangkan  Aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu kelas XI PMIA 6 dengan skor perolehan nilai aktivitas  71,32%. Nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 81,72 dengan standar deviasi 8,34 kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 61,77 dengan standar deviasi 14,389. Kemudian dari hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t diketahui bahwa Thitung (6,60) > Ttabel   (1,68)  yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol.                                                                                                                                                                                                                                                        

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Sitio, S. ., Silalahi, M. V. ., & Silaen, S. . (2022). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas XI di SMA Negeri 4 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2965–2976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8671