Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I

Authors

  • Desy Anggelika Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7271

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-A dan I-B UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar T.A 2022/2023 sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Prestest dan Posttest berupa soal menjodohan gambar dengan kata yang telah dilakukan uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji paired sample test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa :  Adanya pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan tema 2 kegemaranku subtema 4 kelas I UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t (paired sample test) didapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dimana Ho diolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar.

Downloads

Published

2022-10-06

How to Cite

Sinaga, . . Desy A. ., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4157–4167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7271

Most read articles by the same author(s)