Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7271Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I-A dan I-B UPTD SD Negeri 122353 Pematang Siantar T.A 2022/2023 sebanyak 51 siswa. Instrumen yang digunakan adalah Prestest dan Posttest berupa soal menjodohan gambar dengan kata yang telah dilakukan uji validasi, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan analisis akhir menggunakan uji paired sample test dengan sistem SPSS. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa : Adanya pengaruh media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan tema 2 kegemaranku subtema 4 kelas I UPTD SD Negeri 122353 Pematangsiantar. Berdasarkan analisis data nilai posttest dengan menggunakan uji-t (paired sample test) didapat nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dimana Ho diolak dan Ha diterima sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata bergambar.Downloads
Published
2022-10-06
How to Cite
Sinaga, . . Desy A. ., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4157–4167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7271
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desy Anggelika Sinaga, Eva Pasaribu, Mastiur Verawaty Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).