Pengaruh Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8314Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media Puzzle terhadap prestasi belajar siswa Kelas III UPTD SD Negeri 122371 Kota Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Kuasi Eksperimen dengan memberikan pree test dan post tes kepada siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas III A dan III B di UPTD SD Negeri 122371 yang berjumlah 36 siswa. Dimana Kelas III A sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan media Puzzle dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Adapun pengolahan data diperoleh melalui program aplikasi SPSS statistic21.0 dan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji t dimana t hitung < t tabel yaitu 1,7 > 1,009 dengan perhitungan taraf signifikan (2- tailed) = 0,0005 <0,05. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima, jadi terdapat pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar siswa..Downloads
Published
2022-11-04
How to Cite
Marpaung, E. C. F. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Media Puzzle terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III Subtema 3 di UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1032–1042. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8314
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Epiphanias Citra Fensi Marpaung, Lisbet Novianti Sihombing, Eva Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).