Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Swasta di Pematang Siantar

Authors

  • Lovianna Sipahutar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Mastiur Verawaty Silalahi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 1 “Ciri-ciri Makhluk Hidup” Di Kelas III SD Swasta HKI-3 T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Swasta HKI-3 & SD Swasta HKBP Tomuan T.A 2022/2023 sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan sampel menggunakan teknik Nonprability Sampling, sehingga diperoleh kelas eksperimen yang berjumlah 16 siswa dan 24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah  Pretest dan Posttest berupa soal pilihan berganda yang telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukan bahwa: Adanya pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa di SD Swasta HKI-3. Berdasarkan analisis data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) 0,00 ? 0,05, Dimana Ho Ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick.

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Sipahutar, L. ., Pasaribu, E. ., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup di Kelas III SD Swasta di Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3409–3418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8757

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2