Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 di Kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya

Authors

  • Rade Mancauli Sipayung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Lisbet Novianti Sihombing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi yang memberikan pre test dan post tes. Penelitian ini telah terlaksana di SD Negeri 091316 Pematang Raya pada kelas III. Dimana kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran inkuiri sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Adapun pengelolaan data yang diperoleh melalui suatu program aplikasi SPSS statistics 21.0 dan aplikasi Microsoft Excel. Berdasarkan pembahasan hasil analisis data penelitian diperoleh hasil uji-t dimana t hitung > t table yaitu 3,204>2,010 dengan perhitungan taraf signifikan (2-tailed)<0,05. Maka terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan (2-tailed) = 0,002 < 0,05. Maka Ho dapat dinyatakan ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada subtema 2 di kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya. Adapun Besarnya peningkatan persentase hasil belajar pada pembelajaran yang diberikan dengan menggunakan model pemebelajaran inkuiri dan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 13%.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Sipayung, R. M. ., Sihombing, L. N. ., & Pasaribu, E. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 di Kelas III SD Negeri 091316 Pematang Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1492–1500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8408

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>