Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7974Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Sw. Latihan SPG YP HKBP. Desain penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasi eksperimendengan bentuk non equivalent control group design yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan sampel yang digunakan adalah 48 orang siswa pada Sw. Latihan SPG YP HKBP. Teknik sampel yang digunakan yaitu sampling random dengan dua variabel penelitian yaitu: variabel terikat berupa hasil belajar siswa, serta variabel bebas berupa Model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan teknik uji t paired sample t test dengan bantuan program spss versi 24, berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolah dan Ha diterima atau dengan membandingkan t_hitung>t_tabel dengan df = (n-2) yaitu nilai t_hitung= 9,944>t_tabel = 2,013. Dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Sw. Latihan SPG YP HKBP.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Sihombing, V. T. ., Pasaribu, E. ., & Silalahi, M. V. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7990–8002. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7974
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Veria Tika Sihombing, Eva Pasaribu, Mastiur Verawaty Silalahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).