Pengaruh Media Yukica (Yuk Kita Belajar Membaca) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar

Authors

  • Oktavia Elfrida Sihite Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media YUKICA dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III.  Metode yang peneliti gunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Dan dimana jumlah populasi dan sampel siswa kelas III di SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar sebanyak 29 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan 20 soal pilihan berganda dan empat jawaban pilihan berganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik infrensial. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini, maka hasil penelitian ini adalah media YUKICA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III yang dilihat melalui uji t hit dengan jumlah t hitung 18, 538.  Kemudian hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh media yukica dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar yang diperoleh melalui uji thitung 18,538 > ttabel 1, 699, yang  dimana thitung > t tabel itu artinya bahwa HA  diterima H0 ditolak, maka dapat disimpulkan media YUKICA berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematang Siantar.

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Sihite, O. E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Media Yukica (Yuk Kita Belajar Membaca) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Swasta HKBP Tomuan Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1012–1020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8312

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>