Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8636Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu huruf terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan. Jumlah sampel sebanyak 44 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment), sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah statistika deskriptif dengan menghitung mean dan standar deviasi. Untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan, maka digunakan Uji Paired sample testIndependent sample testdan Uji Ngain. Dari hasil penelitian diperoleh penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621, hasil yang diperoleh mengenai pengaruh media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 mencapai 59,09%, serta hasil rata-rata tes yang diperoleh mengenai pengaruh media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621 mengalami peningkatan hingga mencapai 30%. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa penggunaan media kartu huruf berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas I SD Negeri 091621.Downloads
Published
2022-11-10
How to Cite
Rumahorbo, E. L. D. ., Sihombing, L. N. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas I SD Negeri 091621 Perdagangan . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2769–2779. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8636
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elsa Lasnida D.S Rumahorbo, Lisbet. N Sihombing, Hetdy Sitio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).