Pengaruh Pendekatan Concrete – Pictorial – Abstract (CPA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu Provinsi Riau

Authors

  • Fiola Asfara Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Kota Bukittinggi
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Kota Bukittinggi
  • Rusdi Rusdi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Kota Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Kota Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7558

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang ditemukan di kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu. Berdasarkan hasil Ulangan Harian 1 ditemukan bahwa permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaan pendekatan yang kurang tepat. Melihat permasalahan tersebut peneliti memberikan soluasi melalui penerapan pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu. Berdasarkan penelitian dan uji pemahaman konsep matematis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan yang diperoleh dalam pembahasan melalui uji-t diperoleh bahwa ??????? = 4,05 dan ?????? = 1,67022. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa ??????? > ??????. Hal ini berarti bahwa keputusan ujinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri I Ujungbatu Tahun Pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Asfara, . F. ., Fitri, H. ., Rusdi, . R., & Aniswita, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Concrete – Pictorial – Abstract (CPA) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ujungbatu Provinsi Riau . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5567–5573. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7558

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>