Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDN 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023

Authors

  • Rozi Wirtaria UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Elmita Elmita SDN 10 Sapiran

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11627

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena banyaknya siswa yang mengeluhkan pelajaran matematika itu sulit sehingga mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini disebabkan minat belajar siswa yang masih rendah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kuantitatif-korelatif, yang dilaksanakan di SDN 10 Sapiran. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode angket untuk mencari data minat belajar (X) dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar siswa (Y), yang mana tes tersebut berbentuk latihan soal pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini diikuti oleh 24 siswa kelas VA SDN 10 Sapiran sebagai sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis linear sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh hasil regresi sederhana dengan persamaannya  dengan tingkat kesalahan dalam memprediksi sebesar  serta nilai t-hitung  dengan signifikansi sebesar  yang berarti lebih kecil dari . Nilai koefisien korelasi sederhana sebesar  dan nilai r product moment  diperoleh , dan nilai R Square (koefisien determinasi) . Maka dapat disimpulkan bahwa variabel bebas hanya mampu mendeskripsikan variabel terikat sebesar  sedangkan sisanya yaitu  dideskripsikan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara minat belajar (variabel bebas) dengan hasil belajar matematika siswa (variabel terikat).

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Wirtaria, R. ., Aniswita, A., & Elmita, E. (2023). Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VA SDN 10 Sapiran Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3865–3871. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11627

Most read articles by the same author(s)