Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur

Authors

  • Taufik Rahmat Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek
  • Haida Fitri Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10763

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 175 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang siswa diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes soal hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi sederhana untuk keaktifan belajar adalah Y = -48,175 + 1,362 X dengan korelasi 0,6215 dan koefisien determinan sebesar 38,262%. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai   = 5,141 dan   = 2,018, karena   >   maka   ditolak. Dan dari perhitungan Software SPSS diperoleh nilai sig = 0,00 dan nilai   = 0,05 yang mana nilai sig <   maka   ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur Tahun Pelajaran 2021/2022. (Calibri 11, reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6 pt)

Downloads

Published

2022-12-28

How to Cite

Rahmat, T. ., & Fitri, H. . (2022). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Padang Gelugur . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 13261–13264. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10763

Most read articles by the same author(s)