Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17960Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMPN 3 Sungai Pua, terlihat hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah KKM, diduga hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam yang berjumlah 78 orang siswa. Penelitian ini disebut dengan penelitian total sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari instrumen angket dan instrumen tes hasil belajar matematika diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi antara peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam yaitu Y = 15,495 + 0,578 X dengan korelasi sebesar 0,534, dan KD sebesar 30,23%. Hasil penelitian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 6,51 > 1,66 Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak, Hasil BelajarDownloads
Published
2023-08-22
How to Cite
Sahara, R. ., Isnaniah, I., Aniswita, A., & Risnawita, R. (2023). Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 527–531. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17960
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ratna Sahara, Isnaniah Isnaniah, Aniswita, Risnawita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).