Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII

Authors

  • Ratna Sahara UIN Bukittinggi
  • Isnaniah Isnaniah Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Aniswita Aniswita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Risnawita Risnawita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17960

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi  di SMPN 3 Sungai Pua, terlihat hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah KKM, diduga hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam yang berjumlah 78 orang siswa. Penelitian ini disebut dengan penelitian total sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil dari instrumen angket dan instrumen tes  hasil belajar matematika diperoleh dari tes hasil belajar siswa. Dari hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi antara peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam  yaitu Y = 15,495 + 0,578 X dengan korelasi sebesar 0,534, dan KD sebesar 30,23%. Hasil penelitian diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 6,51 > 1,66 Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan peran orang tua dalam mendidik anak terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMPN 3 Sungai Pua Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata kunci: Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak, Hasil Belajar

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Sahara, R. ., Isnaniah, I., Aniswita, A., & Risnawita, R. (2023). Pengaruh Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 527–531. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17960

Most read articles by the same author(s)