Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Authors

  • Nur Saidah Arifin UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi
  • Haida Fitri UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi
  • Rusdi Rusdi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi
  • Tasnim Rahmat UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukitinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11534

Abstract

Pemahaman konsep matematika di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami belum optimal. Diantara penyebabnya adalah gurang yang belum memberi perlakuan yanng sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam hal ini untuk meningkakan kemampuan pemahaman konsep siswa salah satunya dengan penerapan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI). Tujuan penelitian ini ialah untuk  mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment  Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Abinnur  Al-Islami Mandailing Natal. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan random sampling, dengan siswa kelas VII-1 sebagai kelas ekperimen sebanyak 36 siswa dan siswa kelas VII-4 sebagai kelas kontrol sebanyak 37 siswa. Peneitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 20021/2022. Data penelitian diperoleh melalui tes, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Model Pembelajaran Aptitude Treatmen Interaction (ATI) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional Di Pondok Pesantren Abinnur Al-Islami.

Downloads

Published

2023-01-14

How to Cite

Arifin, N. S. ., Fitri, H. ., Rusdi, R., & Rahmat, T. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3334–3340. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11534

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>