Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di SDN Cibadak V Kabupaten Tangerang

Authors

  • Putri Raudhah Herros Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ahmad Amarullah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6762

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pembelajaran yang dilaksankan dalam situasi dan kondisi yang sesuai, materi pembelajaran tidak disusun dalam bentuk mata pelajaran yang terpisah, tetapi dihubungkan oleh tema-tema tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara menyeluruh dari pelaksanaan pembelajaran tematik, Serta mengetahui bagaimana kesulitan yang dialami oleh guru dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Cibadak V Kabupaten Tangerang. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriftif. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 hingga guru kelas 6. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Berdasarkan hasil data yang diperoleh peneliti mengenai analisis kesulitan yang dialami oleh guru dalam  pembelajaran menggunakan tematik di SD Negeri Cibadak V Kabupaten Tangerang. Bahwa guru masih sering mengalami kesulitan diantaranya  kurangnya media pembelajaran yang tersedia serta kurangnya guru dalam memahami materi yang ingin disampaikan pada  proses pembalajaran saat itu. 

Downloads

Published

2022-09-11

How to Cite

Herros, . . P. R. ., Nurfadhillah, S. ., & Amarullah, A. . (2022). Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik di SDN Cibadak V Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1258–1265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6762

Most read articles by the same author(s)