Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Afektif Siswa Kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6650Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terhadap kemampuan afektif siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas IV, orang tua siswa dan Siswa kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles And Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh dalam membentuk kemampuan afektif siswa, peran orang tua yang diberikan diantaranya yaitu memberikan bimbingan belajar, memberikan pengawasan dan lainnya, serta upaya yang dilakukan oleh guru yaitu memberikan pembelajaran dengan penilaian afektif, sikap, moral, minat, dan lain sebagainya.Downloads
Published
2022-09-07
How to Cite
Gaos, A. N. F. ., Oktrifianty, E. ., & Amarullah, A. . (2022). Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Afektif Siswa Kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 586–591. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6650
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Annisa Nur Faizah Gaos, Erdhita Oktrifianty, Ahmad Amarullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).