Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang dalam Perencanaan Pembelajaran

Authors

  • Dewi Rachma Lestari Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ahmad Amarullah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Erdhita Oktrifianty Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual, Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran, Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, Berkomunikas secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi utuk kepentingan pembelajaran, Melakukan tindakan reflektif untuk peningakatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, Angket dan dokumentasi.

Downloads

Published

2022-09-23

How to Cite

Lestari, D. R. ., Amarullah, A. ., & Oktrifianty, E. (2022). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas IV SDN Sukasari 1 Tangerang dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2642–2647. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7014