Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Paragraf Menggunakan Pedoman Puebi Siswa Kelas II SDN 04 Sepatan

Authors

  • Muawanah Muawanah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yeni Nuraeni Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6640

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana kesalahan penulisan huruf kapitaldi kelas 2. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dengan desain penelitian mengenai kesalahan yang terjadi dalam melakukan penulisan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 sebagai informan pertama mengenai kesalahan penulisan pada huruf kapital, guru kelas 2 sebagai informan ke dua dalam permasalahan kesalahan penulisan huruf kapital, Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument observasi dalam melakukan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengodean, sehingga peneliti lebih mudah mengelompokan data, sehingga mudah dalam penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan pada penggunaan huruf kapital pada awal kalimat yang dimana jumlah kesalahan dari 20 siswa sebanyak 99 kesalahan pada indiktor 1. Kesalahan pada indikator 2 sebanyak 69 kesalahan dari 20 siswa. Kesalahan pada indikator 3 sebanyak 37 kesalahan dari 20 siswa. Kesalahan pada indikator 4 sebanyak 2 kesalahan dari 20 siswa. Dan pada indikator 5 sebanyak 22 kesalahan dari 20 siswa. Siswa juga mengalami kesuliat penangkaan materi yang diberikan guru, karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebelumnya melalui onlie. Masalah yang dihadapi guru adalah masih terdapatnya peserta didik yang kurang memahami mengenai materi yang diajarkan oleh guru, dan kegiatan pembelajaran yang di langsungkan secara online. Dan kurangnya juga minat dan motivasi dari siswa itu sendiri

Downloads

Published

2022-09-07

How to Cite

Muawanah, M., Nurfadhillah, S. ., & Nuraeni, Y. . (2022). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Kapital pada Paragraf Menggunakan Pedoman Puebi Siswa Kelas II SDN 04 Sepatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 514–522. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6640

Most read articles by the same author(s)