Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan

Authors

  • Indri Maya Astuti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Septy Nurfadhillah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yeni Nuraeni Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6451

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di kelas V, MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, Pendekatan kualitatif ini bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebagai pemberi informasi pertama, guru sebagai pemberi informasi kedua yang melaksanakan upaya-upaya dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa, dan beberapa orang siswa yang menjadi target dalam upaya guru membentuk karakter tanggung jawab. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu observasi, instrumen wawancara, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan dari data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah adalah melalui kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan secara kontinue, serta dengan memberikan tanggung jawab yang dilaksanakan secara bergilir atau bergantian.

Downloads

Published

2022-08-30

How to Cite

Astuti, I. M. ., Nurfadhillah, S. ., & Nuraeni, Y. . (2022). Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6056–6064. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6451

Most read articles by the same author(s)