Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6451Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di kelas V, MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, Pendekatan kualitatif ini bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebagai pemberi informasi pertama, guru sebagai pemberi informasi kedua yang melaksanakan upaya-upaya dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa, dan beberapa orang siswa yang menjadi target dalam upaya guru membentuk karakter tanggung jawab. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu observasi, instrumen wawancara, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan dari data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah adalah melalui kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan secara kontinue, serta dengan memberikan tanggung jawab yang dilaksanakan secara bergilir atau bergantian.Downloads
Published
2022-08-30
How to Cite
Astuti, I. M. ., Nurfadhillah, S. ., & Nuraeni, Y. . (2022). Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6056–6064. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6451
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indri Maya Astuti, Septy Nurfadhillah, Yeni Nuraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).