Analisis Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 01 Kebon Jeruk
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6897Abstract
Keberhasilan suatu pembelajaran tak lepas dari peran guru sebagai seorang pendidik di lingkungan sekolah. Dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memiliki kemampuan untuk memotivasi siswanya agar tercipta suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada siswanya. Guru merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peran sangat penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Di sisi lain, keberhasilan pembelajaran juga ditentukan oleh motivasi yang dimiliki oleh seorang siswa. Berdasarkan fakta tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian peran guru dalam memotivasi belajar siswa pada siswa kelas II Di SDN Sukabumi Selatan 01 Kebon Jeruk. Â Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian atau informan yang terlibat dalam penelitian ini ada 2 guru dan 5 siswa SDN Sukabumi Selatan 01 Kebon Jeruk. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sudah baik. Pelaksanaan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu 1) Guru sebagai fasilitator 2) Guru sebagai motivator 3) Guru sebagai evaluator 4) Guru sebagai mediator 5) Guru sebagai infomator. Untuk memotivasi siswa biasanya guru memberikan pujian kepada siswa yang telah mengerjakan tugasnya dengan baik, sebaliknya guru juga bersikap bijak dalam menghadapi siswa yang tidak disiplin yaitu dengan memberikan hukuman berupa teguran supaya siswa tidak melalaikan tugas dan kewajibannya untuk masa depan.Downloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Nugrahanti, . I. ., Nurfadhillah, S. ., & Nuraeni, Y. . (2022). Analisis Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II di Sekolah Dasar Negeri Sukabumi Selatan 01 Kebon Jeruk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2022–2026. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6897
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Isnaini Nugrahanti, Septy Nurfadhillah, Yeni Nuraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).