Analisis Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN Pasarkemis III
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6663Abstract
Sikap sosial adalah kesadaran individu untuk menetukan perilaku atau perbuatan dalam kehidupan nyata terhadap objek sosial, atau dapat dikatakan saling menyatukan antar individu dengan individu lain dalam hidup bermasyarakat seperti tolong menolong, menghormati, dan peduli akan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap sosial siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas II. Metode yang digunakan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisi dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang terdiri dari 6 orang siswa kelas II dan 1 wali kelas II. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap sosial siswa pada saat pembelajaran tematik dikatakan suda baik pada aspek sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap santun, dan sikap peduli. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap sosial siswa sangat penting untuk menjadi bekal di masa yang akan datang/depan dalam berinteraksi di tengah-tengah masyarakat, pembentukan sikap sosial sendiri dapat diperoleh melalui pembelajaran tematik.Downloads
Published
2022-09-08
How to Cite
Oktrifianty, E. ., Azhar, S. ., & Sari, D. M. . (2022). Analisis Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN Pasarkemis III. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 647–652. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6663
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erdhita Oktrifianty, Samsul Azhar, Dita Mayang Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).