Analisis Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN Pasarkemis III

Authors

  • Erdhita Oktrifianty Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Samsul Azhar Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dita Mayang Sari Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6663

Abstract

Sikap sosial adalah kesadaran individu untuk menetukan perilaku atau perbuatan dalam kehidupan nyata terhadap objek sosial, atau dapat dikatakan saling menyatukan antar individu dengan individu lain dalam hidup bermasyarakat seperti tolong menolong, menghormati, dan peduli akan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap sosial siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas II. Metode yang digunakan dengan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat dianalisi dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 7 orang terdiri dari 6 orang siswa kelas II dan 1 wali kelas II. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap sosial siswa pada saat pembelajaran tematik dikatakan suda baik pada aspek sikap jujur, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, sikap santun, dan sikap peduli. Dari penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sikap sosial siswa sangat penting untuk menjadi bekal di masa yang akan datang/depan dalam berinteraksi di tengah-tengah masyarakat, pembentukan sikap sosial sendiri dapat diperoleh melalui pembelajaran tematik.

Downloads

Published

2022-09-08

How to Cite

Oktrifianty, E. ., Azhar, S. ., & Sari, D. M. . (2022). Analisis Sikap Sosial Siswa dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN Pasarkemis III. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 647–652. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6663