Analisis Sikap Nasionalisme pada Buku Tematik Siswa Kelas IV di SDN Karawaci Baru 4
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6664Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap nasionalisme yang terdapat pada Buku Tematik Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Kebhinekaan dalam Kurikulum Negeriku 2013. Â Mendeskripsikan kesesuaian materi dalam Buku Tematik Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keberagaman di Negeriku Kurikulum 2013 dengan penerapan sikap nasionalisme pada siswa kelas IV SDN Karawaci Baru 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Karawaci Baru IV. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Buku Siswa Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV SD/MI Tema 7 Indahnya Kebhinekaan di Negeriku Kurikulum 2013 untuk kelas IV SD, memuat sikap nasionalisme berupa: (a) Menghargai Budaya Bangsa Bangsa Bangsa Sendiri (b) Menjaga Kekayaan Budaya Bangsa (c) Cinta Tanah Air (d) Menghargai keragaman budaya suku dan bangsa. Dari seluruh aspek sikap nasionalisme yang dipelajari, siswa kelas IV sudah menerapkannya dengan baik di sekolah maupun dalam pembelajaran, sedangkan kekurangan dalam penerapannya berasal dari faktor internal dalam diri siswa yaitu yang pertama adalah kognitif karena tingkat intelektualitas siswa berbeda, jadi ada siswa yang daya ingatnya berbeda. Selanjutnya yang kedua adalah afektif, yang bersumber dari kurangnya regulasi emosi dan sikap siswa dalam bertindak.Downloads
Published
2022-09-08
How to Cite
Luthfiyah, J. ., Nurfadhilah, S. ., & Oktrifianty, E. . (2022). Analisis Sikap Nasionalisme pada Buku Tematik Siswa Kelas IV di SDN Karawaci Baru 4. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 653–663. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6664
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jihan Luthfiyah, Septy Nurfadhilah, Erdhita Oktrifianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).