Analisis Tipe Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Cikokol 4 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6163Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa di kelas 4 dalam berbagai macam gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. Berfokus pada gaya belajar visual auditorial dan kinestetik dari gaya belajar visual siswa tersebut siswa memahami materi dengan menggunakan bantuan media gambar sedangkan gaya belajar auditorial siswa lebih memahami materi yang disajikan dengan mendengarkan. Adapun gaya belajar kinestetik siswa lebih suka belajar diajak dengan melakukan eksperimen. gaya belajar adalah cara seseorang dalam menerima informasi dengan menggunakan tingkat kefokuskan yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil belajar yang optimal. Metode penelitian berupa angket, observasi dan wawancara. Simpulan dari penelitian gaya belajar siswa didominasi oleh gaya belajar visual 28,79 %, gaya belajar auditorial 32,42 (%), gaya belajar kinestetik 51,82 %. Perilaku siswa yang mencerminkan gaya belajar kinestetik dengan cara siswa melakukan eksperimen dengan membuat mengembang balon dengan cuka dan soda.Downloads
Published
2022-08-19
How to Cite
Aini, W. N. ., Rini, C. P. ., & Oktrifianty, E. . (2022). Analisis Tipe Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Cikokol 4 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4357–4367. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6163
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widya Nur Aini , Candra Puspita Rini, Erdhita Oktrifianty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).