Analisis Tipe Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Cikokol 4 Kota Tangerang

Authors

  • Widya Nur Aini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Candra Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Erdhita Oktrifianty Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6163

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan gaya belajar visual auditorial dan kinestetik bertujuan untuk  mengetahui gaya belajar siswa di kelas 4 dalam berbagai macam gaya belajar yang dimiliki siswa tersebut. Berfokus pada gaya belajar visual auditorial dan kinestetik dari gaya belajar visual siswa tersebut siswa memahami materi dengan menggunakan bantuan media gambar sedangkan gaya belajar auditorial siswa lebih memahami materi yang disajikan dengan mendengarkan. Adapun gaya belajar kinestetik siswa lebih suka belajar diajak dengan melakukan eksperimen. gaya belajar adalah cara seseorang dalam menerima informasi dengan menggunakan tingkat kefokuskan yang berbeda-beda agar mendapatkan hasil belajar yang optimal. Metode penelitian berupa angket, observasi dan wawancara. Simpulan dari penelitian gaya belajar siswa didominasi oleh gaya belajar visual 28,79 %, gaya belajar auditorial 32,42 (%), gaya belajar kinestetik 51,82 %. Perilaku siswa yang mencerminkan gaya belajar kinestetik dengan cara siswa melakukan eksperimen dengan membuat mengembang balon dengan cuka dan soda.

Downloads

Published

2022-08-19

How to Cite

Aini, W. N. ., Rini, C. P. ., & Oktrifianty, E. . (2022). Analisis Tipe Gaya Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri Cikokol 4 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4357–4367. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6163

Most read articles by the same author(s)