Upaya Meningkatkan Identitas Vokasional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Experiential Learning Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Gombong

Authors

  • Mei Rosita Sari Universitas Ahmad Dahlan
  • Muya Barida Universitas Ahmad Dahlan
  • Niken Susilowati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6064

Abstract

Hasil AKPD sebanyak 35 peserta didik menunjukkan bahwa 31 peserta didik atau 88,6% memilih poin pernyataan “Cita-cita atau rencana karir saya masih selalu berubah-rubah”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa identitas vokasional peserta didik masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan idenitas vokasional peserta didik menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan experiential learning pada peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Gombong. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Sampel terdiri dari 8 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada identitas vokasional peserta didik yang dibuktikan dengan hasil pretest 0% kategori tinggi, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 25%, dan dilanjutkan pada siklus II menjadi 87,5%.

Downloads

Published

2022-08-15

How to Cite

Sari, M. R. ., Barida, M., & Susilowati, N. . (2022). Upaya Meningkatkan Identitas Vokasional Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Experiential Learning Pada Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Gombong . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3775–3778. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6064

Most read articles by the same author(s)