Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Petarukan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6623Abstract
kelas 8I melalui konseling kelompok pendekatan realita. Populasi dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas 8I SMP N 3 Petarukan di Kabupaten Pemalang. Nomophobia siswa kelas 8I termasuk dalam kategori tinggi. Namun dari 16 siswa yang termasuk kategori tinggi, peneliti hanya mengambil 8 siswa untuk dijadikan sample penelitian. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala nomophobia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nomophobia dapat dikurangi dengan konseling realita. Hal ini dibuktikan dari 8 siswa yang mengikuti layanan konseling kelompok realita pada siklus I terdapat 5 siswa yang mengalami penurunan dari kategori tinggi ke kategori sedang pada perilaku nomophobia. Artinya 62,5% siswa yang mengikuti layanan konseling kelompok realita pada siklus I berhasil menurunkan nomophobia, sedangkan pada siklus II dari 8 siswa yang mengikuti layanan konseling kelompok terdapat 7 siswa yang mengalami penurunan dari kategori tinggi menjadi kategori rendah. Artinya 87,5% siswa yang mengikuti konseling kelompok pada siklus II berhasil menurunkan nomophobia. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menganggap konseling kelompok realita sebagai salah satu pendekatan yang efektif dalam menurunkan nomophobia siswa.Downloads
Published
2022-09-06
How to Cite
Aprilia, A. D. K. ., Barida, M. ., & Susilowati, N. (2022). Upaya Mengurangi Nomophobia Melalui Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Realita Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Petarukan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 421–424. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6623
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anindita Dwi Kusti Aprilia , Muya Barida, Niken Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).