Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Modeling Simbolik Dalam Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa SMA Negeri 1 Rumbio Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6908Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan pola the one group pre test dan post test design. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran self efficacy karir siswa sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik, mendeskripsikan gambaran self efficacy karir siswa sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik, mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik efektif meningkatkan self efficacy karir siswa SMAN 1 Rumbio Jaya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMAN 1 Rumbio Jaya Tahun pelajaran 2022/2023 dengan populasi sebanyak 136 siswa. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil sebagian dari populasi sebagai subjek penelitian. Uji validitas menggunakan SPSS 21.0 for windows. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self efficacy karir siswa sebelum diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik berada dikategori sedang dengan rata-rata 68,57 dan setelah diberikan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik mengalami peningkatan tinggi dengan rata-rata 89,57, maka dapat dikatakan adanya perbedaaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan layanan bimbingan klasikal dengan teknik modeling simbolik efektif meningkatkan self efficacy karir siswa yang dilihat dari analisis data bahwa > 71,411>2,00 sehingga Ho ditolak.Downloads
Published
2022-09-18
How to Cite
Muharam, . I. ., Susilowati, N. ., & Barida, . M. . (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal dengan Teknik Modeling Simbolik Dalam Meningkatkan Self Efficacy Karir Siswa SMA Negeri 1 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2053–2059. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6908
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ilham Muharam, Niken Susilowati, Muya Barida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).