Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719Abstract
Hasil AKPD sebanyak 32 siswa atau 88,8% dari 36 siswa yang memilih “Saya masih merasa kurang lancar berkomunikasi di depan orang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan public speaking siswa masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan public speaking siswa menggunakan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI Di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Sampel terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara di depan umum siswa. Ditandai dengan hasil pre test 41% siswa yang memiliki kemampuan Public Speaking kemudian pada siklus I meningkat sebesar 63,8% siswa dan siklus II sebesar 86,1% siswa.Downloads
Published
2022-07-28
How to Cite
Nengtias, N. ., Barida, M. ., & Susilowati, N. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2121–2125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurwahyu Nengtias, Muya Barida ,Niken Susilowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).