Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta

Authors

  • Nurwahyu Nengtias Universitas Ahmad Dahlan
  • Muya Barida Universitas Ahmad Dahlan
  • Niken Susilowati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719

Abstract

Hasil AKPD sebanyak 32 siswa atau 88,8% dari 36 siswa yang memilih “Saya masih merasa kurang lancar berkomunikasi di depan orang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan public speaking siswa masih sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan public speaking siswa menggunakan teknik sosiodrama pada siswa kelas XI Di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Sampel terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara di depan umum siswa. Ditandai dengan hasil pre test 41% siswa yang memiliki kemampuan Public Speaking kemudian pada siklus I meningkat sebesar 63,8% siswa dan siklus II sebesar 86,1% siswa.

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Nengtias, N. ., Barida, M. ., & Susilowati, N. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Public Speaking melalui Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogakarta. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2121–2125. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5719

Most read articles by the same author(s)