Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Melalui Bimbingan Kelompok

Authors

  • Ita Agni Safitri Universitas Ahmad Dahlan
  • Niken Susilowati Universitas Ahmad Dahlan
  • Muya Barida Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5720

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk menguji teknik modeling dalam meningkatkan self-efficacy akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas X-4 MIPA SMA N 1 Jamblang di Cirebon. Self-efficacy siswa kelas X-4 MIPA termasuk kategori sedang. Namun, 8 siswa di kelas X-4 MIPA berada pada kategori rendah. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dapat ditingkatkan dengan teknik modeling. Hal ini dibuktikan dari 8 siswa yang mengikuti bimbingan kelompok pada siklus I terdapat 5 siswa yang mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori sedang dalam self-efficacy akademiknya. Artinya 62,5% siswa pada siklus I yang mengikuti bimbingan kelompok berhasil meningkatkan self-efficacy akademik melalui teknik modeling. Pada siklus II, dari 8 siswa yang mengikuti bimbingan kelompok terdapat 6 siswa yang mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Artinya 75% siswa siklus II yang mengikuti bimbingan kelompok berhasil meningkatkan self-efficacy akademiknya. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menganggap teknik modeling sebagai salah satu teknik yang efektif dalam meningkatkan self-efficacy akademik siswa

Downloads

Published

2022-07-28

How to Cite

Safitri, I. A., Susilowati, N. ., & Barida, M. . (2022). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2126–2131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5720

Most read articles by the same author(s)