Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Melalui Bimbingan Kelompok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5720Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling untuk menguji teknik modeling dalam meningkatkan self-efficacy akademik. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 siswa kelas X-4 MIPA SMA N 1 Jamblang di Cirebon. Self-efficacy siswa kelas X-4 MIPA termasuk kategori sedang. Namun, 8 siswa di kelas X-4 MIPA berada pada kategori rendah. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dapat ditingkatkan dengan teknik modeling. Hal ini dibuktikan dari 8 siswa yang mengikuti bimbingan kelompok pada siklus I terdapat 5 siswa yang mengalami peningkatan dari kategori rendah ke kategori sedang dalam self-efficacy akademiknya. Artinya 62,5% siswa pada siklus I yang mengikuti bimbingan kelompok berhasil meningkatkan self-efficacy akademik melalui teknik modeling. Pada siklus II, dari 8 siswa yang mengikuti bimbingan kelompok terdapat 6 siswa yang mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori sedang. Artinya 75% siswa siklus II yang mengikuti bimbingan kelompok berhasil meningkatkan self-efficacy akademiknya. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menganggap teknik modeling sebagai salah satu teknik yang efektif dalam meningkatkan self-efficacy akademik siswaDownloads
Published
2022-07-28
How to Cite
Safitri, I. A., Susilowati, N. ., & Barida, M. . (2022). Efektivitas Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Akademik Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2126–2131. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5720
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ita Agni Safitri, Niken Susilowati, Muya Barida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).