Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Sikap Kebiasaan Belajar Yang Baik Bagi Peserta Didik Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tolitoli
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5916Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan sikap kebiasaan belajar yang baik pada siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan sikap kebiasaan belajar yang baik pada siswa. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Alat pengumpulan data menggunakan angket kebiasan belajar, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan melalui analisis statistik menggunakan rumus Wilcoxon Sign Rank Test pada taraf kepercayaan 95% ( =0,05). ). Hasil analisis deskriptif sesudah mengikuti layanan bimbingan belajar bahwa 10% siswa memiliki sikap kebiasaan belajar yang baik klafikasi sangat tinggi, 75% siswa memiliki sikap kebiasaan belajar yang baik klafikasi tinggi. Hasil analisis inferensial uji Wilcoxon Sign Rank Test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh layanan bimbingan belajar terhadap peningkatan sikap kebiasaan belajar yang baik bagi peserta didik siswa kelas VIII A di SMP Negeri 3 TolitoliDownloads
Published
2022-08-08
How to Cite
Ansrangi, D. G. ., Susilowati, N. ., & Barida, M. . (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Terhadap Sikap Kebiasaan Belajar Yang Baik Bagi Peserta Didik Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tolitoli. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2770–2776. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5916
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diaz Gathan Ansrangi, Niken Susilowati, Muya Barida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).