Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5512Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus meningkat menjadikan bidang pendidikan harus terus berkembang dan pembaharuan harus terus dilakukan di dalam bidang Pendidikan. Matematika menjadi salah satu faktor untuk menanamkan konsep dasar pada anak, hal ini karena matematika memiliki sifat yang abstrak, yang berarti tidak berwujud dalam bentuk konkret dan nyata dan hanya bisa dibanyangkan didalam pikiran. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pembelajaran di SD Negeri 225 Palembang. Jenis Penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menghasilkan media pengembangan yang diberi nama dengan “MIMA PETA” dalam penelitian ini menggunakan Model Brog and Gall yang melibatkan 20 siswa sebagai kelas yang akan diuji oleh peneliti.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahan ajar matematika berbasis Aplikasi Android ini dinyatakan valid oleh ke 3 ahli, sehingga layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar matematika berbasis aplikasi android ini dinyatakan praktis, setelah dilakukan uji coba skala kecil kepada 8 siswa dengan menyebarkan angket respon kepada siswa, sehingga aplikasi mima peta dinyatakan layak dalam proses belajar mengajar. Bahan ajar matematika berbasis aplikasi android ini dinyatakan sangat efektif dalam pengguanaan proses belajar mengajar, setelah dilakukan uji coba pemakaian dengan memberikan soal berupa soal prites kepada siswa kelas IV B SD Negeri 225 Palembang, sehingga aplikasi android ini sangat efektif dalam proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Setiawan, A. P. ., Hetilaniar, H., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Aplikasi Android Untuk Menarik Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1565–1569. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5512
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Agus Pra Setiawan, Hetilaniar Hetilaniar, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).