Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk

Authors

  • Enis Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Endang Surtiyoni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5411

Abstract

Konsep diri positif yang timbul didalam diri konseli bermula dari keyakinan dan pola pikir positif konseli terhadap kemampuan dan potensi yang ia miliki. Permasalahan yang ditemukan dilapangan terdapat proses layanan bimbingan konseling yang masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa menjadi bosan, maka peneliti mengembangkan e-book layanan informasi konsep diri positif untuk kebutuhan siswa agar proses layanan bimbingan konseling lebih menarik dan bisa dipahami. Model pengembangan yang dilakukan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, develeopment, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan pada analisis kevalidan dinyatakan sangat valid dengan sekor rata-rata 3,5 dan analisis kepraktisan dengan sekor yang diproleh dari aspek tampilan 4, aspek penyajian 4, aspek manfaat 3,9 hasilnya dinyatakan sangat praktis.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Jayanti, E. ., Ramadhani, E. ., & Surtiyoni, E. . (2022). Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1142–1146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5411

Most read articles by the same author(s)