Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5411Abstract
Konsep diri positif yang timbul didalam diri konseli bermula dari keyakinan dan pola pikir positif konseli terhadap kemampuan dan potensi yang ia miliki. Permasalahan yang ditemukan dilapangan terdapat proses layanan bimbingan konseling yang masih menggunakan metode ceramah sehingga membuat siswa menjadi bosan, maka peneliti mengembangkan e-book layanan informasi konsep diri positif untuk kebutuhan siswa agar proses layanan bimbingan konseling lebih menarik dan bisa dipahami. Model pengembangan yang dilakukan adalah ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, develeopment, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan pada analisis kevalidan dinyatakan sangat valid dengan sekor rata-rata 3,5 dan analisis kepraktisan dengan sekor yang diproleh dari aspek tampilan 4, aspek penyajian 4, aspek manfaat 3,9 hasilnya dinyatakan sangat praktis.Downloads
Published
2022-07-16
How to Cite
Jayanti, E. ., Ramadhani, E. ., & Surtiyoni, E. . (2022). Pengembangan E-Book Layanan Informasi Konsep Diri Positif untuk Kebutuhan Siswa di MTS Assa’adah Tanjung Lubuk. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1142–1146. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5411
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Enis Jayanti, Erfan Ramadhani, Endang Surtiyoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).