Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 98 Palembang

Authors

  • Fitri Handayani Universitas PGRI Palembang
  • Erfan Ramadhani Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap pemahaman konsep matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD Negeri 98 Palembang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini pre-Eksperimental design berupa one group prettest-posttest design. Sampel yang diambil adalah kelas IIIA yang berjumlah 26 siswa, berdasarkan perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliofers, menunjukkan data pencapaian hasil belajar matematika materi pecahan siswa pada pretest memiliki Sig. > 0,05 yaitu sebesar 0,106 sedangkan untuk postest Sig. > 0,05 yaitu sebesar 0,112, dari variabel pencapaian hasil belajar materi pecahan siswa berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t menggunakan Paired Sample T-test, Sig. (2-tailed) sebesar 0,00. Jadi dapat dikatakan bahwa Asymp. Sig (2-tailed) < 0,05, maka sesuai dengan hipotesis penelitiannya  ditolak dan  diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Handayani, . F. ., Ramadhani, E. ., & Kuswidyanarko, A. (2022). Keefektifan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas III SD Negeri 98 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5028–5032. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7430

Most read articles by the same author(s)