Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Perilaku Seksual Remaja di SMA Negeri 06 Lahat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5613Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman peserta didik melalui bimbingan klasikal terhadap perilaku seksual remaja di SMA Negeri 06 Lahat. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif yaitu pra eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan perhitungan uji t-tes. Hasil penelitian dari kelas eksperimen didapatkan hasil bahwa banyak peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman tentang perilaku seksual sedang. Dengan persentase peserta didik yang memiliki tingkat pemahaman tinggi 30.0%, tingkat sedang 66.7%, dan tingkat rendah 3.3%. Sedangkan dari kelas kontrol terdapat hasil dengan tingkat pemahaman peserta didik terhadap perilaku seksual remaja adalah tingkat tinggi, dengan persentase peserta didik dengan pemahaman tinggi 79.2%, tingkat sedang 19.8%, dan tingkat rendah 0%. Kemudian hasil penghitungan hipotesis menggunakan SPSS versi 25 for windows diperoleh nilai signifikan (2 tailed) sebesar <0,001. Sedangkan taraf signifikan dalam penelitian ini adalah 0,05. Jadi hasil uji hipotesis ini adalah <0,001 < 0,05 yang artinya bahwa bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitia ini bahwa pemberian bimbingan klasikal kepada peserta didik dapat meningkatkan pemahaman terhadap perilaku seksual remaja di SMA Negeri 06 Lahat yang terlihat dalam hasil perhitungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Downloads
Published
2022-07-23
How to Cite
Sintia, L., Darmawani, E. ., & Surtiyoni, E. . (2022). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Perilaku Seksual Remaja di SMA Negeri 06 Lahat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1802–1805. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5613
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lara Sintia, Evia Darmawani,, Endang Surtiyoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).