Pengembangan E-Modul Latihan Menulis Ekspresif sebagai Media Pencegahan Stres Belajar

Authors

  • Ranti Agustina Universitas PGRI Palembang
  • Muhammad Ferdiansyah Universitas PGRI Palembang
  • Endang Surtiyoni Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5410

Abstract

Selama Pandemi Covid-19 pendidikan di Indonesia memasuki babak baru, seperti sistem pembelajaran secara daring. Perubahan-perubahan ini dapat menimbulkan tekanan pada peserta didik yang menyebabkan stres belajar. Setelah di analisis masalah yang muncul antara lain terkait dengan siswa sulit mengungkapkan perasan, kejenuhan belajar, dan kurangnya bahan pelayanan bimbingan dan konseling untuk memberikan alternatif dalam mencegah stres belajar. Media layanan berbasis E-Modul Latihan Menulis Ekspresif ini bertujuan untuk membantu menyalurkan ide, perasaan, harapan dan memberikan respon yang sesuai stimulus individu, serta mencegah terjadinya stres belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah menggunakan model pengembangan Rowntree. Tahap evaluasi pada penelitian ini menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang di modifikasi dengan model pengembangan Rowntree. Evaluasi ini meliputi 4 (empat) tahapan yaitu self evaluation, expert review, one-to-one, dan small group. Validasi terhadap produk media ini dilakukan dengan melibatkan 3 ahli yaitu ahli media, ahli materi dan pendidik (Guru Bimbingan dan Konseling). Hasil penelitian dari validasi para ahli mendapatkan rata-tata sebesar 94,0% yang dinyatakan dengan kategori sangat valid. Kemudian pada tahap one-to-one, media diujicobakan kepada 5 orang peserta didik dan dilihat dari hasil angket tanggapan, mendapatkan hasil dengan rata-rata 86,32% yang dikategorikan sangat praktis. Setelah dari tahap one-to-one, selanjutnya tahap small group, media diujicobakan kepada 10 orang peserta didik dan dilihat dari hasil angket tanggapan, mendapatkan hasil dengan rata-rata 97,7% yang dikategorikan sangat praktis. Berdasarkan hasil validasi para ahli, tahap one-to-one, dan small group maka E-Modul Latihan Menulis Ekspresif layak digunakan sebagai media pencegahan stres belajar.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Agustina, R. ., Ferdiansyah, M. ., & Surtiyoni, E. . (2022). Pengembangan E-Modul Latihan Menulis Ekspresif sebagai Media Pencegahan Stres Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1137–1141. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5410