E-Book Layanan Karir Berbasis Kartun Untuk Meningkatkan Peminatan Karir Siswa Di SMA Negeri 12 Oku Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5660Abstract
Layanan bimbingan karir adalah bimbingan untuk membantu individu dalam perencanaan, pengembangan, dan pemecahan masalah-masalah karir seperti: pemahaman kondisi dan kemampuan diri, pemahaman kondisi lingkungan, perencanaan, dan pengembangan karir, penyesuaian pekerjaan, dan pemecahan masalah-masalah karir yang dihadapi. Masalah penelitian ini adalah belum adanya pembelajaran menggunakan e-book, belum adanya media khusus yang membahas tentang layanan karir sebagai media dalam proses pelayanan untuk meningkatkan peminatan karir siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas e-book layanan karir berbasis kartun untuk meningkatkan peminatan karir siswa. Jenis penelitian ini yaitu metode pengembangan (reseach & development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan angket. Analis data yang digunakan yaitu analisis kevalidan dan kepraktisan. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu pada validasi pendidik menghasilkan kevalidan sebesar 94,4% dan validasi media sebesar 86,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa e-book layanan karir yang dikembangkan sangat valid.Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Suwenda, I. P. P. ., Arizona, A., & Surtiyoni, E. (2022). E-Book Layanan Karir Berbasis Kartun Untuk Meningkatkan Peminatan Karir Siswa Di SMA Negeri 12 Oku Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1959–1964. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5660
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putu Pande Suwenda Putu Pande Suwenda, Arizona Arizona, Sunedi Sunedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).