ANALISIS KETERAMPILAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA TASIKMALAYA

Authors

  • Maitsa Munifah UPI Kampus Tasikmalaya
  • Elan Elan UPI Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman UPI Kampus Tasikmalaya
  • Gilar Gandana UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.364

Keywords:

Keterampilan Intrapersonal, Pendidikan Anak Usia Dini, Anak Usia 5-6 Tahun

Abstract

Penelitian ini didasari pentingnya keterampilan intrapersonal anak usia 5-6 tahun sebagai salah satu indikator kesuksesan individu. keterampilan intrapersonal merupakan kemampuan individu dalam memamahmi dirinya sendiri dengan kata lain anak mampu mempercayai diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri, menyadari emosi yang dirasakan, serta proaktif atau bertanggung jawab terhadap pengetahuan, perasaan serta tindakannya. Ketika dilapangan peneliti menemukan deteksi keterampilan intrapersonal namun belum berlandaskan pada teori yang ideal . Dengan demikian peneliti mengambil fokus kajian pada keterampilan Intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur, menganalisis, serta mendeskripsikan keterampilan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Tasikmalaya. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi terstruktur dan catatan lapangan yang terintegrasi dalam observasi terstruktur. Temuan dalam penelitian ini bahwa keterampilan intrapersonal anak usia 5-6 tahun berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Keterampilan intrapersonal anak usia 5-6 tahun pada aspek percaya diri berada pada kategori berkembang sesuai harapan mendapat 62 Persen. Kemudian pada aspek penilaian diri berada pada kategori berkembang sesuai harapan dan mendapat 67 persen. Selanjutnya pada aspek kesadaran emosi anak usia 5-6 tahun berada pada kategori berkembang sesuai harapan dengan persentase 55 persen. pada aspek proaktif atau bertanggung jawab anak usia 5-6 tahun berada dalam kategori berkembang sesuai harapan dan persentase mendapat 60 persen. Dengan demikian persentase keterampilan intrapersonal anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina sebanyak 61 persen hal tersebut termasuk dalam kriteria berkembang sesuai harapan

References

Creswell, J.W. (2013). Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,

dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dina, F. (2009). Mengembangkan Proaktif Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa kelas 2 SMK di Panti Asuhan

Siti Khadijah Semarang tahun pelajaran 2008/2009. (Skripsi) Jurusan

Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang

Fiwaturrusuliyah, N.V. (2017). Hubungan Antara Kepribadian Proaktif dengan Efikasi Diri dalam Mengambil Keputusan Karir pada Mahasiswa

Tahun Ketiga Fakultas Psikologi Universitas Diponogoro. Jurnal Empati, 6 (4) 340-345. Http://ejournal3.undip.ac.id/20103

Hanisah. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Intrapersonal Melalui Kegiatan Bercerita Berbantuan Media Film/VCD di Kelompok B5 RA

Ummatan Wahidah di Kota Curup. FIP Universitas Bengkulu [Online] http://repository.unib.ac.id/8666/1/I %2CII%2CIII%2CII-14-

han.FK.pdf

Indiarsi, R. (2017). Hubungan antara Kepribadian Proaktif dan Perilaku Kerja Inovatif. Academic Journal : Jurnal Psikogenesis, 5 (2), 123-134. Http/://yarsi.ac.id//index.php

Machrus, H. (2005). Meningkatkan Prestasi Individu melalui Kepribadian

Proaktif. Journal Universitas Airlangga, 7 (1) Fakultas Psikologi. Universitas Airlangga Http://journal.unair.ac.id/insan.med ia.html.

Musfiroh, T. (2018). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tanggerang

Selatan: Universitas Terbuka Nur, L. (2016) . Modul Statistika Deskriptif.

Tasikmalaya: UPI Tasikmalaya.

Olivia. (2018). Keterampilan Intrapersonal dan Keterampilan Interpersonal dalam Soft Skill. ___ : Binus University [Online]

http://student.binus.ac.id/2018/01/keterampilan-intrapersonal-daninterpersonal- dalam-soft-skill

Prastiwi, W.Y. (2011). Pengembangan Soft skill, Hard Skill dan Life Skill

Peserta Didik dalam Menghadapi Era Globalisasi. [Online]. Diakses

dari: http://www.infodiknas.com/030- pengembangan-soft-skill-hard-skilldan- life-skill-peserta-didik-dalammenghadapi- era-globalisasi.html

Rusmardiana, A. (2016). Soft Skills terhadap Karakter Siswa Sekolah

Dasar, jurnal : Faktor jurnal ilmiah kependidikan, 3, 97-104.

http://journal.lppmunindra.ac.id/ind ex.php/Faktor/article/download/775

/65

Safaria. (2005). Interpersonal Intelegence (Metode Pengembangan

Kecerdasan Anak). Yogyakarta : Amara Books

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasap Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:

PT Indeks.

Suryana, S. & Latiana, L. (2013). Character Education Model in Early chilhood education studies. Indonesian journal of early chilhood education studies , 2, 45-57. http://journal.unnes.ac.id/sju/index. php/ijecess

Wahyudi, D. (2011). Pembelajaran IPS Berbasis Kecerdasan Intrapersonal Interpersonal dan Eksistensial. Jurnal : edisi khusus No.1, 33-45. http://jurnal.upi.edu/file/4-

Deddy_Wahyudi.pdf Yaumi, M. & Ibrahim, N. (2013). Pembelajran Berbasis Kecedasan Jamak (Multiple Intelegences). Jakarta : Kencana Prebanada Group

Downloads

Published

2019-08-05

How to Cite

Munifah, M., Elan, E., Rahman, T., & Gandana, G. (2019). ANALISIS KETERAMPILAN INTRAPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA KOTA TASIKMALAYA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 78–83. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.364

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2