Pengembangan Instrumen Deteksi Kesiapan Belajar Anak Memasuki SD Dilihat dari Dimensi Kesiapan Fisik Motorik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5872Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan orang tua dan Pendidik yang belum optimal dan komperhensif mengetahui informasi kesiapan belajar anak karena jarang tersedianya instrumen yang diperlukan untuk itu. Kesiapan belajar berpengaruh terhadap kesuksesan anak dalam mengikuti proses belajar, maka diperlukan instrumen yang tepat serta mudah digunakan oleh orang tua dan pendidik untuk memperoleh informasi kesiapan belajar anak, salah satunya pada aspek fisik motorik. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu pengembangan dengan desain Educational Desain Research (EDR). Studi pendahuluan dalam penelitian ini dilaksanakan di TK Alphabet dan RA Alfhatunnisa. Sedangkan untuk uji coba dilakukan dengan melibatkan 3 orang guru TK Kelompok B dan 3 orang tua yang memiliki anak 5-6 tahun di wilayah Panglayungan, kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, wawancara, validasi ahli, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk perencanaan pembelajaran yang dibuat layak digunakan sesuai dengan validasi ahli, respon guru dan orang tua pada saat uji coba.Downloads
Published
2022-08-06
How to Cite
Mulyana, E. H. ., Rahman, T. ., & Nurjanah, R. (2022). Pengembangan Instrumen Deteksi Kesiapan Belajar Anak Memasuki SD Dilihat dari Dimensi Kesiapan Fisik Motorik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2684–2691. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5872
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Edi Hendri Mulyana, Rida Nurjanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).