Perkembangan Kemandirian Anak Usia (5 – 6 Tahun) Di TK IT Al Amin Saguling Panjang Kawalu Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17629Abstract
Anak usia 5-6 tahun di TK IT Al - Amin sebaiknya sudah terlihat mandiri dalam mengerjakan tugas di sekolah yang menjadi tanggung jawab sendiri dan dikerjakan sampai selesai (Maelawati dkk, 2022). Metode yang dilakukan peneliti yaitu adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif ini merupakan jenis penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Dari hasil observasi dan wawancara dinyatakan bahwa adanya peningkatan dari setiap indikator perkembangan kemandirian bagi anak usia 5 – 6 tahun yang baru masuk, dimana semula belum berkembang seiring berjalannya waktu disertai beberapa stimulasi dan pembiasaan dari sekolah sehingga anak dengan karakternya masing masing mampu mencapai kemandiriannya secara bertahap dari mulai berkembang hingga berkembang sangat baik. Dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perkembangan kemandirian anak usia 5 – 6 tahun di TK IT Al-Amin mengalami peningkatan yang signifikan dari setiap indikator yang diamati oleh peneliti . anak yang diamati beradaptasi dengan baik disekolah dari hari ke hari, kemampuan bersosialisasi, menjalankan aktivitas sendiri tanpa orangtua menjadi tagar utama kemandirian anak dihari pertama sekolahDownloads
Published
2023-08-12
How to Cite
Rahmi, M., Elan, E., & Rahman, T. . (2023). Perkembangan Kemandirian Anak Usia (5 – 6 Tahun) Di TK IT Al Amin Saguling Panjang Kawalu Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 407–412. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.17629
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mutia Rahmi, Elan Elan, Taopik Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).