Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kijang di TK IT Al-Wasiilah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6282Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Wasiilah yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model desain Kemmis dan MC Taggart yang memiliki empat tahapan penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak tahap siklus I ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 64,71 %. Tahap siklus II ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 70,58 % dan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 29,41 %. Tahap siklus III ada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 41,18 % dan berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 58,82 %. Kemampuan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang sudah optimal terlihat dari kemampuan anak dalam gerakan terkontrol, lincah, seimbang, dan koordinasi mata-tangan-kaki-kepala.Downloads
Published
2022-08-23
How to Cite
Gola, N. D. ., Elan, E., & Giyartini, R. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kijang di TK IT Al-Wasiilah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5072–5075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6282
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nisa Dzurun Gola, Elan, Rosarina Giyartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).