Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kijang di TK IT Al-Wasiilah

Authors

  • Nisa Dzurun Gola Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Elan Elan Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Rosarina Giyartini Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6282

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang. Metode yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK IT Al-Wasiilah yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model desain Kemmis dan MC Taggart yang memiliki empat tahapan penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik anak tahap siklus I ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 64,71 %. Tahap siklus II ada pada kategori mulai berkembang (MB) dengan presentase 70,58 % dan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 29,41 %. Tahap siklus III ada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dengan presentase 41,18 % dan berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase 58,82 %. Kemampuan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran tari kijang sudah optimal terlihat dari kemampuan anak dalam gerakan terkontrol, lincah, seimbang, dan koordinasi mata-tangan-kaki-kepala.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Gola, N. D. ., Elan, E., & Giyartini, R. (2022). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Tari Kijang di TK IT Al-Wasiilah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 5072–5075. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6282