Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Perkalian Bersusun di SD Muhamadiyah 1 Paron berdasarkan Gender

Authors

  • Farahdila Damayanti Universitas PGRI Madiun
  • Dany Febriana Universitas PGRI madiun
  • Rully Devita Sari Universitas PGRI Madiun
  • Heni Yunita Wardani Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1813

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja kesalaan diswa dalam menghitung perkalian besusun di SD Muhammadiyah 1 Paron yang didasarkan pada gender. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menggambarkan objek atau fakta sebenarnya secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan wawancara langsung kepada siswa dari SD Muhammadiyah 1 Paron. Subjek penelitian ini 2 perserta didik dari SD Muhammadiyah 1 Paron. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya kesalahan yang dilakukan siswa, baik perempuan maupun laki-laki dalam operasi perkalian bersusun. Kesalahan ini rata-rata pada operasi hitung perkalian berususn, kurangya pemahampan konsep operasi hitung perkalian berususn yang diberikan guru kepada siswa hingga mengakibatkan kekeliruan operasi hitung khususnya perkalian.

References

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Kurnianti sri, dkk. (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI 8 MAMBORO PALU UTARA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 04 Nomor 04, Juni 2017

Hasan Alwi, dkk. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-3. (Jakarta; Balai Pustaka, 2007), 405

A S Hornby. Advanced Learner's Dictionary of Current English. (London; Oxford University Press, 1983), 119

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Damayanti, F., Febriana, D., Sari, R. D., Wardani, H. Y., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Perkalian Bersusun di SD Muhamadiyah 1 Paron berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 102–105. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1813

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>