Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru

Authors

  • Mutiara Oktavia Universitas PGRI Madiun
  • Shaula Rahma Universitas PGRI Madiun
  • Retno Akmalia Universitas PGRI Madiun
  • Annisa Teguh Universitas PGRI Madiun
  • Asyifa Ramadhani Universitas PGRI Madiun
  • Alifianing Kusuma Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Keywords:

Tantangan Pendidikan, Guru

Abstract

Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya pengajaran, pelatihan atau penelitian.Dunia pendidikan terdampak imbas sangat besar di masa pendemi ini, sekolah tatap muka langsung belum diperbolehkan, karena kita harus turut memutus wabah mata rantai virus covid-19, jangan sampai terkena pada generasi penerus bangsa.Guru dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring. Orang tua di saat pembelajaran daring sangat diperlukan oleh anak, terutama pada anak-anak tingkat sekolah dasar, orang tua dituntut untuk dapat menjelaskan apa yang dijelaskan oleh pengajar, dan dapat membantu mengerjakan tugas pekerjaan rumah anak-anak. Peran pemerintah sangat penting dalam memberikan kualitas pendidikan kepada anak bangsa, karena pendidikan adalah kunci dari keberhasilan sumber daya manusia suatu Negara.Beberapa hambatan pendidikan di masa pandemic diantaranya adalah orang tua siswa gaptek, akses internet, sulit memahami materi, rasa malas dan sulit berkonsentrasi. Namun hambatan-hambatan diatas dapat diatasi dengan membuat media pembelajaran sistem daring, komunikasi dengan wali murid, membuat ringkasan pembelajaran, memberikan tugas yang mendorong siswa untuk aktif

References

Aji, R. H. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Ketrampilan, dan Proses Pembelajaran. Vol. 7 No. 5 (2020): Salam: Jurnal Soialdan Budaya Syar-i , 395-402.

Andina Amalia, N. S. (2020). Dampak Wabah Volume 13 No.2, Desember 2020, 214- 225

C., A. B. (2008). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:

Rineka Cipta.

Firdaus, F. (2020). Implementasi dan HambatanPada

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Vol. 6 No. 2 (2020):Utile: Jurnal Kependidikan, 220-225.

Firmansyah, R., Nisa, H., & Permana, A. (2020). Peranan Smarthphone Dalam Dunia Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19.Vol 7 No 2 (2020): TEMATIK – Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi -Desember 2020, 140-146.

Hamalik, O. (1994). Sistem PembelajaranJarak Jauh dan Pembinaan Ketenagaan. Bandung: Trigenda Karya.

Herliandry, L. D. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Vol22 No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan, 65-70.

Kahfi, A. (2020). TANTANGAN DAN HARAPAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI

COVID 19. Dirasah, Vol 03 No.2 - Agustus

, 137- 15

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2022). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>