Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender

Authors

  • Meliana Safitri Universitas PGRI Madiun
  • Hani'atul Mukharomah Universitas PGRI Madiun
  • Syaikhotun Nakhlahul Dzahabiyyah Universitas PGRI Madiun
  • Febri Listianadewi Universitas PGRI Madiun
  • Linggar Riski Palupi Universitas Madiun PGRI
  • Supratiwi Nursatamala Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1789

Keywords:

analisis, kesulitan, gender

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil angket yang disebar secara random kepada siswa SMP kelas VII mengenai kesulitan yang dihadapi oleh siswa mengenai materi yang dihadapi. Dalam angket tersebut prosentase paling banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu pada materi aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada angket yang disebarkan secara random ada 13 responden yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan serta diambil 2 siswa responden laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk diteliti lebih lanjut. Dari 3 soal yang diberikan ditemukan beberapa kesulitan yang dibagi menjadi 3 indikator kesulitan yaitu: 1) kesulitan dalam mempelajari konsep, 2) kesulitan dalam menerapkan prinsip dan 3) kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal. Pada siswa laki-laki tidak ditemukan kesulitan pada indikator 1 dan 2 sedangkan siswa perempuan pada indikator 1 dan 3. Rata-rata siswa laki-laki kesulitan dalam hal hasil akhir dan pada siswa perempuan kesulitan dalam mengaplikasikan konsep yang sudah diajarkan. Hal ini dipengaruhi salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik otak laki-laki dan perempuan.

References

kallesta, k. s., & ervan, m. (2017). analisis faktor penyebab kesulitan belajar ipa fisika pada materi bunyi. jurnal pendidikan fisika, 1.

nashoba, d. r. (2019). PENGARUH GENDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DIKONTROL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MTs DARUL AMANAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO (p. 19). SEMARANG: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

Sholekah , L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Metematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika , 155.

siswandi, e., sujadi, i., & riyadi. (2016). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi segiempat berdasarkan analisis newman ditinjau dari perbedaan gender . jurnnal elektronik pembelajaran matematika, 1.

Downloads

Published

2021-08-08

How to Cite

Safitri, M., Mukharomah, H., Dzahabiyyah, S. N., Listianadewi, F., Palupi, L. R., Nursatamala, S., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1789

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>