Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas 7 dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Aljabar Ditinjau dari Gender
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1789Keywords:
analisis, kesulitan, genderAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil angket yang disebar secara random kepada siswa SMP kelas VII mengenai kesulitan yang dihadapi oleh siswa mengenai materi yang dihadapi. Dalam angket tersebut prosentase paling banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu pada materi aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aljabar yang ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pada angket yang disebarkan secara random ada 13 responden yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan serta diambil 2 siswa responden laki-laki dan 2 siswa perempuan untuk diteliti lebih lanjut. Dari 3 soal yang diberikan ditemukan beberapa kesulitan yang dibagi menjadi 3 indikator kesulitan yaitu: 1) kesulitan dalam mempelajari konsep, 2) kesulitan dalam menerapkan prinsip dan 3) kesulitan dalam menyelesaikan soal verbal. Pada siswa laki-laki tidak ditemukan kesulitan pada indikator 1 dan 2 sedangkan siswa perempuan pada indikator 1 dan 3. Rata-rata siswa laki-laki kesulitan dalam hal hasil akhir dan pada siswa perempuan kesulitan dalam mengaplikasikan konsep yang sudah diajarkan. Hal ini dipengaruhi salah satunya dipengaruhi oleh karakteristik otak laki-laki dan perempuan.References
kallesta, k. s., & ervan, m. (2017). analisis faktor penyebab kesulitan belajar ipa fisika pada materi bunyi. jurnal pendidikan fisika, 1.
nashoba, d. r. (2019). PENGARUH GENDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DIKONTROL DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI MTs DARUL AMANAH. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO (p. 19). SEMARANG: UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.
Sholekah , L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Metematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika , 155.
siswandi, e., sujadi, i., & riyadi. (2016). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual pada materi segiempat berdasarkan analisis newman ditinjau dari perbedaan gender . jurnnal elektronik pembelajaran matematika, 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Meliana Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).