Analisis Permasalahan Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Materi Operasi Aljabar

Authors

  • Tita Arsfenti Universitas PGRI Madiun
  • Anggi Eka Wardani Universitas PGRI Madiun
  • Dinda Nursetiya Putri Universitas PGRI Madiun
  • Dania Februana Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1815

Keywords:

Kesalahan Siswa, Aljabar, Deskriptif Kualitatif

Abstract

Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar, seperti kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.

Author Biographies

Tita Arsfenti, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika

Anggi Eka Wardani, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika

Dinda Nursetiya Putri, Universitas PGRI Madiun

Pendididkan Matematika

Dania Februana, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika

Darmadi Darmadi, Universitas PGRI Madiun

Pendidikan Matematika

References

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. Journal of Mathematic Education, Science and Technology, 82-91.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 533-541.

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Januarvi, E. D. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan. 2016: eprints.uns.ac.id.

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, r. C. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-8.

Marisa, G., Syaiful, & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 77-88.

Martono, N. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.

Silma, u. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 300-319.

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Arsfenti, T., Wardani, A. E., Putri, D. N., Februana, D., & Darmadi, D. (2021). Analisis Permasalahan Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Materi Operasi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 106–116. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1815

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>