Analisis Permasalahan Kesulitan Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Terkait Materi Operasi Aljabar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1815Keywords:
Kesalahan Siswa, Aljabar, Deskriptif KualitatifAbstract
Aljabar merupakan subjek yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, siswa khususnya pada tingkat SMP kelas VII harus dapat memahami konsep ini dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa kelas VII dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan operasi bentuk aljabar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP. Instrumen pada penelitian ini berupa sebuah tes yang terdiri dari 10 soal tentang operasi bentuk aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan tentang operasi bentuk aljabar, seperti kesalahan pada variabel, kesalahan pada tanda negatif, kesalahan pada menyelesaikan bentuk persamaan aljabar, kesalahan pada pengoperasian bentuk aljabar, dan kesalahan dalam penyelesaian bentuk pecahan.References
Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. Journal of Mathematic Education, Science and Technology, 82-91.
Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matematika, 533-541.
Isrok'atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Januarvi, E. D. (2016). Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan. 2016: eprints.uns.ac.id.
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, r. C. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-8.
Marisa, G., Syaiful, & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 77-88.
Martono, N. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Silma, u. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 300-319.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tita Arsfenti, Anggi Eka Wardani, Dinda Nursetiya Putri, Dania Februana, Darmadi -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).