Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Bilangan Berpangkat di SD SD Goranggareng Berdasarkan Teori Apos
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1834Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja kesalaan siswa dalam menghitung bilanganberpangkat di SD Goranggareng yang didasarkan pada tingkat pemahamannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menggambarkan objek atau fakta sebenarnya secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan wawancara langsung kepada siswa dari SD Goranggareng. Teori Apos mengansumsi bahwa konsep matematika yang dimiliki oleh seseorang merupakan hasil interkasi dengan orang lain dan hasil kontruksi-kontruksi mental dalam memahami ide – ide matematika. Subjek penelitian ini 2 perserta didik dari SD Goranggareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya kesalahan yang dilakukan siswa, baik perempuan maupun laki-laki dalam operasi hitung bilangan berpangkat. Kesalahan ini rata-rata pada operasi hitung bilangan berpangkat, kurangya pemahampan konsep operasi hitung bilangan berpangkat yang diberikan guru kepada siswa hingga mengakibatkan kekeliruan operasi hitung khususnya pada bilangan kuadrat.References
A S Hornby. Advanced Learner's Dictionary of Current English. (London; Oxford University Press, 1983), 119
John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 1983), 265
Mulyono. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education. 1 (1) 37-45.
Nurdin, Lasmi, 2005. Analisis Pemahaman Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tentang Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Victoria Neufeldt, (ed.), Webster’s New World Dictionary, (New York: Webster’s New World Clevenland, 1984), 561.
Waluyo adi, Kristanti dian. (2014). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAl MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN
PERSAMAANLINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPNEGERI 5 KUALA. MAJU,Volume 1 No 2, September 2014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aliffia Fia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).