Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Bilangan Berpangkat di SD SD Goranggareng Berdasarkan Teori Apos

Authors

  • Riris Sri Anindya Prima Refinanda Universitas PGRI Madiun
  • Khusnul Siti Aliffia Universitas PGRI Madiun
  • Adinda Putri Fajarsari Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1834

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apa saja kesalaan siswa dalam menghitung bilanganberpangkat di SD Goranggareng yang didasarkan pada tingkat pemahamannya. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang menggambarkan objek atau fakta sebenarnya secara sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket dan wawancara langsung kepada siswa dari SD Goranggareng. Teori Apos mengansumsi bahwa konsep matematika yang dimiliki oleh seseorang merupakan hasil interkasi dengan orang lain dan hasil kontruksi-kontruksi mental dalam memahami ide – ide matematika. Subjek penelitian ini 2 perserta didik dari SD Goranggareng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih adanya kesalahan yang dilakukan siswa, baik perempuan maupun laki-laki dalam operasi hitung bilangan berpangkat. Kesalahan ini rata-rata pada operasi hitung bilangan berpangkat, kurangya pemahampan konsep operasi hitung bilangan berpangkat yang diberikan guru kepada siswa hingga mengakibatkan kekeliruan operasi hitung khususnya pada bilangan kuadrat.

References

A S Hornby. Advanced Learner's Dictionary of Current English. (London; Oxford University Press, 1983), 119

John M. Echols dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 1983), 265

Mulyono. (2011). Teori Apos Dan Implementasinya dalam Pembelajaran. Journal of Mathematics and Mathematics Education. 1 (1) 37-45.

Nurdin, Lasmi, 2005. Analisis Pemahaman Siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang Tentang Barisan dan Deret Berdasarkan Teori APOS.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Victoria Neufeldt, (ed.), Webster’s New World Dictionary, (New York: Webster’s New World Clevenland, 1984), 561.

Waluyo adi, Kristanti dian. (2014). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAl MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN

PERSAMAANLINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMPNEGERI 5 KUALA. MAJU,Volume 1 No 2, September 2014

Downloads

Published

2021-08-31

How to Cite

Refinanda, R. S. A. P., Aliffia, K. S., Fajarsari, A. P., & Darmadi, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Operasi Hitung Bilangan Berpangkat di SD SD Goranggareng Berdasarkan Teori Apos. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 129–132. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1834

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>