Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII

Authors

  • Annisa Nurhidayati Mu'arif Universitas PGRI Madiun
  • Roby Andriyansah Universitas PGRI Madiun
  • Dwi Nataliasari Universitas PGRI Madiun
  • Sholikatul Rahmin Universitas PGRI Madiun
  • Selfi Kurniawati Universitas PGRI Madiun
  • Darmadi Darmadi Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787

Keywords:

pandemi covid-19, pembelajaran daring, matematika

Abstract

Pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Sehingga pemerintah memutuskan untuk sementara memberhentikan pembelajaran di sekolah. Sebagai gantinya pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun dengan pembelajaran daring biasanya siswa terkendala oleh jaringan internet dan dengan pembelajaran daring tidak bisa semaksimal pembelajaran dikelas, terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan kesulitan pada siswa saat pembelajaran daring. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data secara survey melalui angket yang disebar secara online melalui google form. Populasi pada pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tegalombo Pacitan dan SMPN 3 Kedunggalar Ngawi, dengan total responden sebanyak 19. Berdasarkan hasil angket yang disebar kendala umum yang terdapat pada pembelajaran daring didominasi oleh buruknya koneksi internet karena lokasi tempat tinggal siswa yang relative jauh dari jangkauan jaringan internet dan juga dipengaruhi oleh cuaca yang tidak baik. Selain itu kesulitan lain yang dialami siswa yaitu : (1) kurangnya penjelasan dari guru (2) materi statistika adalah yang paling sulit dipahami karena banyak rumus yang harus dipelajari sedangkan guru tidak menjelaskan secara rinci mengenai materi bahkan ada yang hanya sekedar memberi materi dan soal tanpa memberikan penjelasan. Kata kunci : pandemi covid-19, pembelajaran daring, matematika

Author Biographies

Annisa Nurhidayati Mu'arif, Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun

Roby Andriyansah, Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun

Dwi Nataliasari, Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun

Sholikatul Rahmin, Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa Pendidikan Universitas PGRI Madiun

Selfi Kurniawati, Universitas PGRI Madiun

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Madiun

Darmadi Darmadi, Universitas PGRI Madiun

Universitas PGRI Madiun

References

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pndemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 551-561.

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 327-335.

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>