Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787Keywords:
pandemi covid-19, pembelajaran daring, matematikaAbstract
Pandemi COVID-19 telah memberikan tantangan bagi lembaga pendidikan di Indonesia. Sehingga pemerintah memutuskan untuk sementara memberhentikan pembelajaran di sekolah. Sebagai gantinya pembelajaran dilaksanakan secara daring. Namun dengan pembelajaran daring biasanya siswa terkendala oleh jaringan internet dan dengan pembelajaran daring tidak bisa semaksimal pembelajaran dikelas, terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan kesulitan pada siswa saat pembelajaran daring. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data secara survey melalui angket yang disebar secara online melalui google form. Populasi pada pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Tegalombo Pacitan dan SMPN 3 Kedunggalar Ngawi, dengan total responden sebanyak 19. Berdasarkan hasil angket yang disebar kendala umum yang terdapat pada pembelajaran daring didominasi oleh buruknya koneksi internet karena lokasi tempat tinggal siswa yang relative jauh dari jangkauan jaringan internet dan juga dipengaruhi oleh cuaca yang tidak baik. Selain itu kesulitan lain yang dialami siswa yaitu : (1) kurangnya penjelasan dari guru (2) materi statistika adalah yang paling sulit dipahami karena banyak rumus yang harus dipelajari sedangkan guru tidak menjelaskan secara rinci mengenai materi bahkan ada yang hanya sekedar memberi materi dan soal tanpa memberikan penjelasan. Kata kunci : pandemi covid-19, pembelajaran daring, matematikaReferences
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pndemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 551-561.
Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 327-335.
Downloads
Published
2021-08-03
How to Cite
Mu’arif, A. N., Andriyansah, R., Nataliasari, D., Rahmin, S., Kurniawati, S., & Darmadi, D. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 67–71. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1787
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Annisa Nurhidayati Mu'arif, Roby Andriyansah, Dwi Nataliasari, Sholikatul Rahmin, Selfi Kurniawati, Darmadi -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).